Kamis, 20 Februari 2020

, , ,

Crash Landing on You || Review DraKor

Dalam dua bulan belakangan ini para fans drama Korea atau drakor dihebohkan dengan serial Crash Landing on You (Korean사랑의 불시착RRSarangui Bulsichak; lit. Love's Emergency Landing) yang begitu populer di Korea Selatan, Asia, bahkan di Indonesia. Tayang setiap hari Sabtu dan Minggu di TvN Korea dan Netflix mulai 14 Desember 2019 hingga 16 Februari 2020. Penggemar serial ini nyatanya memang dibuat bucin alias budak cinta oleh para pemainnya. Bagi yang bukan penggemar drama Korea seperti saya, serial ini mampu mencuri banyak hati para penonton. Saya sendiri sudah bertahun-tahun tidak menonton drama korea atau film korea, namun karena serial ini saya jadi kembali nostalgia. Serial ini pun menjadi trending topic diberbagai platform sosial media termasuk twitter yang selalu menunggu rilis setiap episode. Selain karena ceritanya bagi para fans drakor tentu ingin melihat chemistry antara Son Ye-Jin dan Hyun Bin yang sudah lama eksis di dunia film dan drama Korea Selatan. 



SINOPSIS CRASH LANDING ON YOU

Crash Landing on You menceritakan kisah tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin), seorang pebisnis dan anak konglomerat dari Korea Selatan dan Kapten Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin) yang merupakan Perwira, Prajurit sekaligus anak petinggi militer Korea Utara.

Suatu hari Se-ri menggunakan paralayang di Seoul, Korea Selatan namun tiba-tiba saat melakukan paralayang ia terbawa angin topan dan Se-ri tersangkut di Pohon di Hutan Korea Utara. Di sinilah Se-Ri dan Ri Jeong-Hyeok bertemu. Ri pada saat itu bertugas dan menemukan Se-Ri berada di areanya, Kawasan Militer Korea Utara.

Ri Jeong-hyuk akhirnya memberi tempat perlindungan Yoon Se-ri dan membuat rencana untuk secara diam-diam membantunya kembali ke Korea Selatan. Menurut cerita, jika ada orang yang masuk ke wilayah negara tersebut secara diam-diam dianggap sebagai mata-mata oleh Korea Utara, begitupun sebaliknya.

Yoon Se-ri memiliki kehidupan layaknya keluarga kerajaan di Korea Selatan. Dia merupakan salah satu pewaris konglomerat di Korsel. Dia juga merupakan pemilik bisnis fashion yang terkenal dan sukses.

Ri Jeong-hyeok digambarkan sebagai pria dengan masa depan cerah. Menjadi idaman wanita Korea Utara. Selain karena memiliki wajah tampan, latar belakang elit militer dan bergengsi, Jeong-hyeok menjadi sosok yang berprinsip dan dingin. Sebelum menjadi Perwira militer ternyata Ri Jeong-hyeok adalah seorang pianis berbakat.

 

Saat ia tertangkap di Hutan, Se-ri terus berusaha kabur dari pandangan Ri Jeong-hyeok. Tim dari Kapten Ri tak juga sanggup menangkap Se-Ri. Namun, sejauh Se-ri berlari, nyatanya ia masih berada di Korea Utara. Sejak badai tersebut kehidupan Se-ri berubah total karena tidak ada satupun orang di Korut yang mengenali dirinya. Ri Jeong-hyeok lah menjadi satu-satunya sosok yang rela menyembunyikan dan melindungi Se-ri dari pemerintah Korut. Hanya ada dua cara saat itu, membunuhnya atau mengembalikan Se-ri secara diam-diam. 


ULASAN CERITA CRASH LANDING ON YOU

Sebelumnya Son Ye-Jin dan Hyun Bin pernah dipertemukan di film The Negotiation tahun 2018 yang lalu. Chemsitry yang baik menarik perhatian para fans termasuk sutradara untuk mempertemukan mereka kembali. So Ye-Jin sendiri terakhir membintangi serial Something in the Rain (2018) setelah 5 tahun fakum. Setelah wajib militer Hyun Bin lebih fokus pada peranannya diberbagai film action. Tahun 2018 ia bermain di drama serial Memories of the Alhambra 

Serial CLoY ini menarik untuk ditonton juga karena perpaduan sutradara Lee Jung-hyo dan penulis Park Ji-eun. Dua nama tersebut ternyata sudah melanglang buana di industri drama Korea lebih dari dua dekade. Park Ji-eun pernah menulis sejumlah drama populer seperti My Love From the Star, The Producers, dan terakhir pada serial The Legend of the Blue Sea tahun 2016 yang diperankan aktor Lee Min-ho.

Melansir HanCinema, Park Ji-eun menulis naskah Crash Landing On You karena terinspirasi dari insiden yang terjadi pada 12 September 2008, yaitu sebuah kapal yang membawa seorang aktris tak sengaja terbawa arus hingga zona demiliterisasi Korea Utara. [1

Berbeda dari cerita tersebut CloY sendiri kemudian dibuat dengan genre komedi romantis.  Perlu diacungi jempol bahwa chemistry antara Son Ye-Jin dan Hyun Bin begitu apik dan memesona. Di antara keduanya seperti mengisyaratkan banyak cinta melalui tatapan mereka termasuk saat drama CLoY ini. Para fansnya pun berharap mereka menjadi kekasih yang nyata. 😍💗



Kehangatan dan keramahan Kapten Ri membuat Yoon Se-Ri perlahan mulai mempercayainya. Oleh karena seringnya bertemu, keduanya bahkan sering terlibat dengan percakapan mendalam terkait sesuatu hal. Se-Ri merasa bahwa dalam sosoknya yang dingin, Ri memiliki perhatian yang dalam. Bagaimana seorang Ri juga akhirnya menaruh harapan lebih kepada Yoon Se-Ri. Suatu hari, Yoon Se-Ri mengatakan bahwa Ri orang yang baik dan Se-Ri berharap Ri Jeong-Hyeok kelak menemukan kebahagiaannya, di balik masa lalunya yang pahit. 



Dalam cerita ini Kapten Ri sendiri ternyata sudah memiliki tunangan selama 10 tahun, Seo Dan yang diperankan oleh Seo Ji-hye seorang anak orang kaya dan keponakan perwira militer dari Korea Utara. Kisah cinta mereka terjalin karena perjodohan kedua orangtuanya. Seo Dan pun tak kalah cantik dari Yoon Se-ri. 

Selain berkisah cerita cinta keduanya, ada cerita bagaimana mengungkap misteri pembunuhan di masa lalu yang memengaruhi hubungan Se-ri dan Kapten Ri. Misteri ini juga ternyata berhubungan kekuasan politik tingkat tinggi, baik di Korea Utara dan Korea Selatan. Maka, sensasi menyaksikan Crash Landing on You seperti sedang menaiki wahana roller coaster

Serial ini menjadi begitu menarik karena beberapa pemeran pendukung yang tak jarang membuat penonton tertawa melihat canda tawa mereka setelah disungguhkan emosi dan air mata cinta Yoon Se-ri dan Kapten Ri. Para pemain pendukung seperti ibu-ibu desa militer Korea Utara (Adjumma; geng gibah) dan tingkah laku para anak buah Kapten Ri [F4-F5] menjadi penyegar dan menambah nilai plus pada serial Crash Landing on You. Serial ini juga menceritakan bagaimana seseorang akhirnya bisa menjalin keakraban walaupun mereka dari latar belakang sosial, pekerjaan, atau usia dalam waktu singkat. Latar belakang keluarga Yoon Se-Ri dan Kapten Ri juga membuat konflik antara keduanya semakin memanas.




Kisah cinta pemeran utama ke-2 yang dimainkan oleh Seo Ji-hye sebagai Seo-dan dan Kim Jung-hyun sebagai Gu Seung-joon juga jadi pemikat drama ini. Mengapa mereka akhirnya saling jatuh cinta. Sayangnya, banyak yang kecewa dengan akhir dari kisah mereka. Padahal mereka juga cocok lho. 


Cara sutradara dan penulis untuk mengurai 'takdir' Se-ri dan Kapten Ri itulah yang membuat penonton terus dihantui rasa penasaran tiap pekan jelang episode terbaru akan tayang. Apakah mereka ditakdirkan bersama? atau berakhir sedih.


Episode ke-15 dan ke-16 merupakan puncak dari drama CLoy ini. Menantikan kelanjutan kisah Kapten Ri dan Yoon Se-Ri yang penuh lika-liku dan dagdigdug. Dalam episode ke-15,  ketegangan terjadi pada saat Yoon Se Ri dan Gu Seung-joon kritis. Keduanya kritis karena mengalami pendarahan akbit baku tembak.

Episode ke-16 Ri Jeong-hyeok dan anak buahnya akhirnya kembali ke Korea Utara, yang artinya, Ri harus berpisah dengan Se-Ri. Di setiap bagian episode ke-16 inilah yang membuat penonton begitu menguras emosi dan air mata. Bagaimana akhinya mereka akan bersatu. Episode ini berhasil mengakhiri kisah cinta Yoon Se-Ri dan Ri Jung-hyeok dengan baik, indah, dan tuntas. 

Akhir cerita Kapten Ri dan Se-Ri memang sedikit mengulur waktu. Penuh tanda tanya. Bagaimana cara mereka bertemu, walau bisa ditebak tapi mereka bertemu dengan cara yang sama dan membuat penonton akhirnya merasa lega. 

Namun, menurut saya sepertinya ada beberapa cerita sedikit bergeser karena urusan politik/isu politik antara Korsel dan Korut tapi drama ini tetap layak untuk dinikmati saat malam hari kok (biar tidak kelihatan matanya sembab) 😛. Satu lagi fokus saya adalah saat keduanya tidak mengenakan cincin pada saat di Swiss, karena syutingnya duluan kali ya jadi mungkin mereka lupa. hehee  atau berubah skenario? 



Serial ini menjadi menarik karena kisah cinta keduanya bukan karena terhalang restu orangtua tapi oleh negara yang berbeda ideologi. Banyak pesan-pesan bermakna juga dalam drama CLoY ini, pesan cinta dan termasuk sosial. Kalau kata Afgan "Jodoh Pasti Bertemu" Ya memang benar seperti itulah kisah Ri dan Se-Ri. Jadi, kalau jodohnya belum ada di sini, mungkin jodohnya ada di negara lain. Coba cross check hahaha 😉 



Chemistry antara keduanya berjalan dengan sangat baik dan setiap adeganpun dihayati dengan sungguh indah. Saat sedih, bahagia, atau merasa kehilangan. Ini mengapa serial ini menjadi sangat sukses berkat cinta keduanya. Seperti sungguhan. Kita terhanyut oleh kepawaian para pemain yang begitu ciamik mendalami perannya.



VISUAL CRASH LANDING ON YOU 

Selain cerita yang kuat dan akting para pemain yang ciamik, Crash Landing On You juga memiliki visual yang amat indah. Crash Landing On You juga mengambil beberapa pemandangan latar lokasi di Korea Selatan, Mongolia, dan juga Swiss yang begitu menyegarkan mata. Gaya sinematografi yang apik dan konsisten hingga akhir juga mampu menghasilkan foto-foto yang menarik untuk dibagikan kepada para fans CLoY ini. Suasana Korea Utara yang digantikan negara Mongolia juga tak kalah menarik perhatian dengan suasana pinggiran dan desa sesungguhnya.







Selain pada latar lokasi syuting yang indah, drama ini menjadi sangat melankolis karena menghadirkan original sound track (OST) dari pada musisi kawakan drama Korea, seperti 10cm, Yoon Mi-rae, Crush, Baek Ye-rin, Sejeong, hingga IU. Lirik sederhana dan alunan musik menambah emosi makin tercabik-cabik kala menyaksikan Crash Landing On You. Beberapa di antaranya pernah menduduki puncak chart di platform musik Korea Selatan, termasuk lagu terakhir yang rilis, Part-11 “I Give You My Heart” karya UI. Wah selamat! 💓


Selain Audio Visual tersebut, saya juga kagum dengan kostum dan asesoris perhiasan yang digunakan para pemain Crash Landing on You ini. Terutama yang dikenakan Yoon Se-ri  dan Seo Dan sederhana tapi berkelas. Sungguh bagus. 😍

RATING TERTINGGI DRAMA TVN

Sebagaimana dikutip Nielsen Korea, Crash Landing On You episode terakhir telah berhasil memecahkan rekor sebagai drama tvN dengan rating tertinggi mengalahkan drama Goblin yang tayang 2016. CLoY berhasil meraih rating rata-rata sebesar 21,6 persen secara nasional, serta 23,2 persen untuk wilayah Seoul. Crash Landing On You juga berhasil meraih rating puncak sebesar 24,1 persen, dan berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh drama Goblin (2016) yang saat itu meraih rating puncak sebesar 20,5 persen. [2]  Drama yang mengangkat kisah cinta tentara Korut dan konglomerat Korsel ini meraih rekor drama tvN dengan rating tinggi sepanjang saluran itu mengudara. 💋 Semoga mereka bisa membawa banyak penghargaan ya diajang drama Korea Selatan 😍


Jadi yang sudah nonton, pasti rindu ya kemesraan antara Kapten Ri dan Yoon Se-ri dong ya. Sayapun begitu. Semoga bisa bertemu mereka lagi ya di drama romantis yang makin bucin. hehehe 💝 Jadi apa adegan favorit kalian? Kalau saya sih foto yang di bawah ini. 💝

 


 All Image src: TvN Twitter

0 coment�rios:

Posting Komentar

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)

Instagram